Senin, 21 November 2011

Hayuk!!! Bikin santai biar saraf tidak tegang


Di sela-sela jalan cerita, tentu keadaan slek atau salah paham atau esmosi atau dongkol sering sekali terjadi. Tak terpungkiri hal ini bisa menyulut api membara. Salah-salah dari hal kecil jadi besar dan dari yang besar semakin kacau balau, hanya karena kumpulan huruf-huruf atau kata-kata atau kalimat yang salah pada tempatnya. Pabila menghadapi seorang yang naik darah, tentu yang dilakukan dengan mendinginkan kepala seseorang itu dengan bongkahan es di tempat pendingin (bila perlu, ambil dari tempat terdingin, kutub utara). Jangan pernah menimpali dengan melempar kata-kata kasar apalagi melempar batu sebesar telur unta. Bisa-bisa mulut sama mulut beradu panjang.
Ada baiknya kita belajar kata, bermain kata, mengolah kata  biar suasana tegang menjadi lumer. Mungkin yang saya lakukan hanya contoh kecil saja dari kehidupan sehari-hari. Toh, apa salahnya dipraktekkan di suasana yang lebih kacau atau di saat tawuran mahasiswa berlangsung ( tapi jangan sebut-sebut saya bila kepala anda bocor di tengah-tengah jalan ya!). Gini dah contohnya :

^Pagi-pagi ayah saya marah akibat barangnya hilang. Tentu saja marahnya ke saya karena semalam saya yang meminjam barangnya itu. Walhasil, saya kena oceh sepanjang pagi. Tips pertama yang saya lakukan, mendinginkan suasana. Di saat ayah saya melotot menajamkan mata dan hampir copot di hadapan saya, saya langsung mengubah suasana.
Saya : Wah!!! (dengan mata berbinar-binar terus memegang pundak untuk meyakinkan) Pagi ini Ayah keren sekali kayak anak masih berusia tujuh belas tahun (uhuuuuy….)
Lumer dah hatinya. Langsung redam emosinya. Lantas, menjawab ucapan saya.
Ayah   : Kepala tujuh belas tahun, kaki mah tujuhpuluh satu tahun.
Hahahaha….bisa aja neh ayah…. Tuh, gak jadi bertengkar kan!

^Kebiasaan buruk, saya sering meletakkan mukenah di sembarang tempat. Mentang-mentang mukenah di rumah banyak di sampiran. Eh, dengan enaknya, saya banyak menaruhnya di sudut-sudut rumah, di ruang tamu, di ruang tivi, kamar ayah-ibu, di dapur. Sampai-sampai sampiran tempat meletakkan mukenah kosong. Tugas yang marah-marah tentunya ibu saya dong.
            Ibu       : Apa-apaan ini? Mukenah di mana-mana?
            Saya    : Yah! baguslah Bu. Mukenah di mana-mana mah Malaikat malah seneng. Berarti neh anak rajin sholatnya. Kan pindah-pindah tempat sholatnya, ntar bakal dicatet malaikat amalnya.
Wkwkwk….. Si ibu ketawa dikit. Eh, si ayah ternyata dengar juga, ketawa juga jadinya.

^Kebiasaan buruk saya lagi, makan malam-malam. Ini mah enak kalo makannya sendiri. Saya maunya ditemenin, orang mo pada bobo semua. Jadinya, gitu dah kena marah lagi.
            Ibu       : Kenapa sih makan malam-malam? Pake acara ditemenin segala.
            Saya    : Yah! haruslah ditemenin. Kan aku dan ibu kayak pena dan tutupnya, gak bisa dipisahkan (sambil meluk)……
            Hwaaahahaha….. si Ibu langsung senyum-senyum…..

^Ibu paling kesel kalo di meja makan yang udah kinclong keselip satu piring kotor yang terkapar.
            Ibu       : Apa-apaan neh piring kotor gak dicuci?
            Saya    : Siapa yang makan? Neh piring jalan sendiri kali Bu. Ada kakinya kali ya!
            HoHOHOH… Meski gak keliatan senyum, cukuplah gigi ibu keliatan dikit.

Itu mah contoh kecilnya aja. Tapi bukan berarti kebiasaan buruk seperti itu dipertahankan sikapnya. Memperbaiki sikap dari kebiasaan buruk kudu perlu. *tuing…tuing….(mengingatkan diri sendiri).

Hayuk!!! Bikin santai biar pada gak tegang…..

0 komentar:

Posting Komentar

temukan peluang emas